Selasa, 14 Februari 2012

PERJUANGAN WANITA PERAJIN


oleh:susana            

sejak kecil saya sudahdiperkenalkan dengan berbagai jenis kerajinan oleh ibu saya. Beliau adalah seorang ibu yang ulet dan sangat rajin,dan beliau juga adalah seorang ibu yang mempunyai kreatifitas yang cukup tinggi.Ibuku juga seorang ibu yang tidak pernah kenal kata menyerah.Sebagai seorang single peren ibu melakukan apa saja utk membesarkan aku dan juga abangku.
acara hari ibu

Suatu hari ibu pernah bercerita padaku,”karajinan rakyar yang ada disekitarmu jika kamu tekuni dengan benar dan dengan kesungguhan hati, pasti akan bisa membuatmu menjadi orang yang dikenal dan sukses nak “ujarnya.kata-kata ibu ini masih selalu terngiang ditelinga saya, jika saya sedang melihat bagaimana indahnya berbagai kejarinan yang dihasilkan oleh ibu-ibu yang ada di
kampong-kampung disekitar saya.

Tapi satu hal yang mengusik fikiran saya selama ini ialah,kenapa kekayaan yang begitu besar yang ada ditangan para wanita dayak iban, tidak bisa menjadi mata pencaharian yang bisa memberikan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat.

Rupanya benar apa yang pernah ibu saya ucapkan dulu,”sangat sulit memberi pengertian pada para perajin,betapa apa yang mereka buat itu sangat berguna dan mempunyai nilai yang amat tinggi”katanya pada saya pada suatu sore.kesulitan ini benar-benar saya rasakan sekarang ini.

Dari zanam ibu masih hidup sampai sekarang,kesulitan yang sama masih saya alami.Ibu, dan juga saya sebagai penerusnya,kami sudah berusaha memperkenalkan berbagai kerajinan ini kepada dunia luar.Semua orang diluar sana merasa tertarik dan mereka menyukai semua produk kita. tapi apa yang terjadi?,setelah kita mendapatkan pesanan malah para perajinnya menolak utk mengerjakan praduk tersebut.

Namun biarpun demikian adanya,saya tetap bertekat suatu saat saya bisa sedikit merubah cara pikir para perajin ini,agar mereka bisa merasakan betapa berharganya semua hasil karya mereka untuk membantu sedikit meningkatkan taraf hidup mereka.semoga suatu saat saya bisa berhasil memwujutkan mimpi ibu dan juga mimpi saya, 

1 komentar:

  1. Assalamualaikum wr.wb saya andy ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,,saya dapat nomor MBAH KABOIRENG dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi MBAH KABOIRENG dan mengikuti 4D nya yaitu {2120} dan alhamdulillah berhasil..!!! Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG 0823=2221=2111 MBAH KABOIRENG nomor ritual MBAH KABOIRENG meman benar2 100% tembus.
    *****=====*****=====*****=====*****====*****=====*****=====*****=====
    —————————————————————————————–

    Assalamualaikum wr.wb saya andy ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,,saya dapat nomor MBAH KABOIRENG dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi MBAH KABOIRENG dan mengikuti 4D nya yaitu {2120} dan alhamdulillah berhasil..!!! Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG 0823=2221=2111 MBAH KABOIRENG nomor ritual MBAH KABOIRENG meman benar2 100% tembus.

    BalasHapus