Sabtu, 25 Februari 2012

BERSAMA MELESTARIKAN KEBUDAYAAN INDONESIA

Ada banyak kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang terjadi di Indonesia. Kemajuan - kemajuan tersebut telah banyak mengubah budaya dan peradaban bangsa Indonesia. Kebudayaan merupakan warisan dan jati diri suatu Negara. Indonesia adalah salah satu Negara yang mempunyai berbagai macam kebudayaan. Hampir setiap pulau ditinggali oleh suku dan ras yang memiliki kebudayaannya sendiri.

Namun seperti yang kita ketahui bersama, saat ini ada banyak penyimpangan - penyimpangan yang terjadi pada kebudayaan. 

Dimasa ini sangat jarang sekali ditemukan para generasi muda yang peduli dengan kebudayaannya. Kalau pun ada paling hanya segelintir orang yang masih peduli dengan kebudayaan di Negara kita. Para generasi muda cenderung lebih menyukai budaya asing dari pada budayanya sendiri. contohnya alat musik, para generasi muda cenderung lebih tertarik alat - alat musik modern ketimbang alat musik tradisional. Padahal justru alat - alat musik tradisional lah yang membesarkan nama negara kita di kancah Internasional. 
 
Contoh nya pada gambar disamping, pemain alat musik tradisional 'kangkuang' adalah seorang "Kakek". Masihkah ada pemain 'kangkuang' muda yang sehebat kakek ini ?? di usianya yang sudah senja dengan mantap masih mampu memaminkan 'kangkuang' yang sudah berusia ratusan tahun.

Lihat juga gambar disamping, penari adalah seorang "Nenek". Masihkah ada penari muda selincah nenek ini ?? di usianya yang sudah senja masih mampu menari dengan indaah dan lincahnya.












Haaaayyyyyoooo?? Mana generasi mudanya ?? Tunjukkan kemampuan dan bakatmu !! Jangan mau kalah dengan nenek dan kakek ini. Buktikan kalau generasi muda juga bisa seperti mereka. Bahkan bisa membuat gebrakan seni yang luar biasa bagi budaya Indonesia. Tapi sayangnya, saat ini para generasi muda terlalu acuh tak acuh dan masa bodoh dengan budayanya.

Satu pertanyaan yang harus dijawab oleh para generasi muda. Jika orang - orang seperti kakek  dan nenek itu sudah tidak ada, siapa yang akan melestarikan kebudayaan di Negara kita ?? Yah, inilah satu pertanyaan yang ditujukan kepada para generasi muda sekarang, dan jawabannya ada pada diri kita masing - masing.

Jadi, sebelum semuanya terlambat dan selagi masih ada waktu. Sadarilah kalau kebudayaan negara juga merupakan tanggung jawab kita sebagai generasi muda. Kita harus sama - sama berusaha untuk melestarikan budaya kita. 

Gunakan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mempromosikan kebudayaan Negara ke luar negeri, atau dengan melakukan pertukaran budaya antar daerah, sehingga budaya kita dapat dilestarikan dan seluruh dunia melihat dan mengetahui budaya Indonesia, dan akhirnya mereka akan berkata 'Oh, begini toh budaya yang ada di Inonesia'  :)
Dengan usaha - usaha tersebut, dapat mempererat persatuan dan kesatuan di Indonesia, dan dengan sendirinya kebudayaan dapat kita jaga dan dapat kita lestarikan sampai ke anak - cucu kita.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum wr.wb saya andy ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,,saya dapat nomor MBAH KABOIRENG dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi MBAH KABOIRENG dan mengikuti 4D nya yaitu {2120} dan alhamdulillah berhasil..!!! Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG 0823=2221=2111 MBAH KABOIRENG nomor ritual MBAH KABOIRENG meman benar2 100% tembus.
    *****=====*****=====*****=====*****====*****=====*****=====*****=====
    —————————————————————————————–

    Assalamualaikum wr.wb saya andy ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,,saya dapat nomor MBAH KABOIRENG dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi MBAH KABOIRENG dan mengikuti 4D nya yaitu {2120} dan alhamdulillah berhasil..!!! Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG 0823=2221=2111 MBAH KABOIRENG nomor ritual MBAH KABOIRENG meman benar2 100% tembus.

    BalasHapus